Ulasan 1 - Linux: A Short Documentary


Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas video yang berjudul "Linux: A Short Documentary" yang diterbitkan oleh DalexLegionair3927 pada 23 Desember 2012 lalu. Meskipun video ini belum ditonton oleh orang banyak, namun video ini berhasil menarik perhatian saya dan 44 ribu orang lainnya. Dari detik pertama video ini mulai hingga detik terakhir yang menandakan video berakhir, video ini hanya menampilkan gambar hitam-putih yang sangat sesuai dengan tema video ini, yaitu documentary. Beberapa tulisan yang muncul dalam video ini juga semakin mendukung documentary video yang berdurasi 5 menit 12 detik tersebut. Video ini dapat ditonton di link https://youtu.be/aurDHyL7bTA.

Video ini menjelaskan secara singkat mengenai salah satu operating system yang ada, yaitu Linux. Dalam video ini digambarkan bagaimana awal mulanya terbentuk sebuah operating system kernel oleh seorang mahasiswa 21 tahun bernama Linus Torvalds, yang akhirnya dinamakan Linux. Operating system ini memiliki konsep yang unik yaitu free. Ide linux untuk menjadi free software merupakan not common thing pada waktu itu. Sekarang linux sudah digunakan di hampir seluruh penjuru dunia, bahkan linux merupakan base kernel dari beberapa operating system telepon genggam, seperti android.

Menurut saya video ini cukup menarik untuk orang-orang yang ingin tahu awal mula linux terbentuk. Video ini disajikan dengan singkat dan cukup jelas untuk menggambarkan proses perkembangan linux dalam big picture. Sesuai dengan judulnya yaitu "short documentary", maka video ini cocok untuk ditonton oleh orang-orang yang mudah bosan jika menonton video terlalu lama seperti saya, tetapi tetap mendapatkan pengetahuan baru dari video tersebut. Sayangnya video ini hanya menampilakan warna hitam-putih yang dapat membuat beberapa orang merasa bosan ketika sedang menonton video ini. Video ini bisa jauh lebih menarik bila diberikan beberapa sentuhan warna selain hitam dan putih.

Github Account : citraglory
URL Ulasan : http://citragl.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-1-linux-short-documentary.html
URL Video : https://youtu.be/aurDHyL7bTA (5:12)
Video Author : DalexLegionair3927
Pemetaan Konten : week00
Submisi Revisi Pertama : 21 Mei 2017
Submisi Revisi Terakhir : 21 Mei 2017

Komentar

Postingan Populer